RANAH-RANAH DAN KATA-KATA KERJA OPERASIONAL YANG DIGUNAKAN DALAM MENYUSUN STANDAR KOMPETENSI(SK) , KOMPETENSI DASAR(KD) SERTA INDIKATOR


SOEMARNO SAPSUHA
WIDYAISWARA  LPMP MALUKU

KATAGORI  JENIS
PERILAKU

KEMAMPUAN INTERNAL
(SK,KD)
KATA-KATA KERJA
OPERASIONAL (INDIKATOT)
A. RANAH KOGNITIF


1. PENGETAHUAN
Mengetahui.............
Misalnya: Istilah, Fakta,Aturan,Metode
Mengidentifikasi, Menyebutkan,Menunjukan,Memberi nama pada,Menyusun daftar,Menggarisbawahi,Menjodohkan,Memilih,Memberikan definisi,Menyatakan
2.PEMAHAMAN
Menterjemahkan
Menafsirkan
Memperrkirakan
Menentukan
Memahami
Misalnya: Konsep, Kaidah,
                Prinsip
                Kaitan antara
                Fakta
               Isi pokok


Mengartikan/Menginterprestasikan
Misalnya: Tabel
                 Grafik
                 Bagan

Menjelaskan
Menguraikan
Merumuskan
Merangkumkan
Mengubah
Memberi contah tentang
Menyadur
Meramalkan
Menyimpulkan
Memperkirakan
Menerangkan

Menggantikan
Menarik kesimpulan
Meringkas
Mengembangkan
Membuktikan
3. PENERAPAN
Mencegah masalah
Membuat bagan dan grafik
Mengunakan..........................
Misalnya : Metode/Prosedur
                  Konsep
                  Kaidah
                  Prinsip
Mendemonstrasikan
Menghitung
Menghubungkan
Memperhitungkan
Membuktikan
Menghasilkan
Menunjukan
Melengkapi
Menyediakan
Menyesuaikan/Menemukan
4. ANALISA
Mengenali kesalahan
Membedakan
Misalnya: Fakta dan interprestasi
                Data dari kesimpulan
Menganalisa
Misalnya: Struktur dasar
                 Bagan-bagan
               Hubungan antara
Memisahkan
Menerima
Menghubungkan
Mamilih
Membandingkan
Mempertentangkan
Membagi
Membuat diagram/skema
Menunjukan hubungan antara
Membagi
5. SINTESA
Menghasilkan
Misalnya: Klasifikasi
                 Karangan
                 Karangan teoritis
Menyusun....................
Misalnya: Rencana
                 Skema
                 Program kerja
Mengkatagorikan,Mengkombinasikan
Mengarang
Menciptakan, Mendesain
Mengatur, Menyususn kembali
Merangkaikan, Menghubungkan,
Menyimpulkan, Merencanakan
Membuat pola
6. Evaluasi
Menilai berdasarkan norma
Internal
Misalnya:
Hasil karya seni, Mutu karangan,
Mutu pekerjaan, Mutu ceramah,
Program penataran
Mempertimbangkan.............
Misalnya: Baik buruknya
                 Pro-kontranya
                 Untung-ruginya
Memperbandingkan, Menyimpulkan
Mengkritik, Mengevaluasi
Memberikan argumentasi
Menafsirkan
Membahas, Menyimpulkan
Memilih antara
Menguraikan
Membedakan
Melukiskan
Mendukung
Menyokong
Menolak
B. RANAH EFEKTIF


1. PENERIMAAN
Menunjukan
Misalnya: Kesadaran
                 Kemauan
                 Perhatian
Mengakui......................
Misalnya: Kepentingan
                 Perbedaan
Menanyakan
Memilih
Mengikuti
Menjawab
Melanjutkan
Memberi
Menyatakan
Menempelkan
2. PARTISIPASI
Mematuhi...................
Misalnya: Peraturan
                 Tuntutan
                 Perintah
Ikut serta secara aktif............
Misalnya: Dilaboratorium
                 Dalam diskusi
                 Dalam kelompok
                                Belajar
                Dalam kelompik
                                tentir
Melaksanakan
Membantu
Menawarkan diri
Menyambut
Menolong
Mendatangi
Melaporkan/Menyumbangkan
Menyesuaikan diri
Berlatih
Membawakan
Menyelesaikan
Menyatakan persetujuan
Mempraktikan
  


3. PENILAIAN
    PENENTUAN
    SIKAP
Menerima suatu nilai
Menyukai
Menyepakati
Menghargai.....................
Misalnya: Karya seni
                 Sumbanga  ilmu
                 Pendapat
                 Bersikap (positif atau
                                  Negatif)
                 Mengakui
Menunjukan, Melaksanakan
Menyatakan pendapat
Mengikuti, Mengambil prakarsa
Memilih, Ikut serta
Menggabungkan diri, Mengandung
Meengusulkan, Membela
Menuntun
Membenarkan
Menolak
Mengajak
4. ORGANISASI
Membentuk sistim nilai
Menangkap relasi atau nilai
Bertanggung jawab
Mengistegrir nilai
Merumuskan, Berpegang pada
Mengintekrasikan, Menghubungkan
Mengaitkan, Menyusun, Mengubah,
Melengkapi, Menyempurnakan,
Menyesuaikan, Menyamakan,
Mengatur, Memperbandingkan,
Mempertahankan, Memodifikasikan
5.PEMBENTUKAN
   POLA
Menunjukan ......................
Misalnya: Kepercayaan diri
                 Disiplin pribadi
                 Kesadaran
Mempertimbangkan
Melibatkan diri
Bertindak
Menyatakan
Memperlihatkan
Mempraktekkan
Melayani
Mengundurkan diri
Membuktikan
Menunjukan
Bertahan
Mempertimbangkan
Mempersoalkan
C. RANAH
PSIKOMOTOR


1. PERSEPSI
Menafsirkan rangsangan
Peka terhadap rangsangan
Mendiskriminasikan
Memilih
Membedakan
Mempersiapkan
Menyisihkan
Menunjukan
Mengidentifikasikan
Menghubungkan
2. KESIAPAN
Berkonsentrasi
Menyiapkan diri (fisik & mental)
Memulai
Mengawali
Bereaksi
Mempersiapkan
Memprakarsai
Menanggapi
Mempertunjukan
3. GERAKAN
     TERBIMBING
Meniru contoh
Mempraktikkan
Memainkan
Mengikuti
Mengerjakan
Membuat
Mencoba
Memperlihatkan
Memasang
Membongkar
4. GERAKAN
     TERBIASA
Berketerampilan
Berpegang pada pola
Mengoperasikan
Membangun
Memasang
Membongkar
Memperbaiki
Melaksanakan
Mengerjakan
Menyusun
Menggunakan
Mengatur
Mendemonstrasikan
Memainkan
Menangani
5. GERAKAN
     KOMPLEKS
Berketerampilan secara.............
Misalnya: lancar, luwes, supel,
                 Gesit, lincah
Mengoperasikan
Membangun
Memasang
Membongkar
Memperbaiki
Melaksanakan
Mengerjakan
Menyususn
Menggunakan
Mengatur
Mendemonstrasikan
Memainkan
Menangani
6. PENYESUAIAN
    POLA GERAKAN
Menyesuaikan diri
Bervariasi
Mengubah
Mengadaptasikan
Mengatur kembali
Membuat variasi
7. KREATIVITAS
Menciptakan yang baru
Berinisiatif
Merancang
Menyusun
Menciptakan
Mendesain
Mengkombinasikan
Mengatur
Merencanakan






Komentar