RANAH-RANAH DAN KATA-KATA KERJA OPERASIONAL YANG DIGUNAKAN DALAM MENYUSUN STANDAR KOMPETENSI(SK) , KOMPETENSI DASAR(KD) SERTA INDIKATOR
SOEMARNO SAPSUHA
WIDYAISWARA LPMP MALUKU
KATAGORI JENIS PERILAKU | KEMAMPUAN INTERNAL (SK,KD) | KATA-KATA KERJA OPERASIONAL (INDIKATOT) |
A. RANAH KOGNITIF | ||
1. PENGETAHUAN | Mengetahui............. Misalnya: Istilah, Fakta,Aturan,Metode | Mengidentifikasi, Menyebutkan,Menunjukan,Memberi nama pada,Menyusun daftar,Menggarisbawahi,Menjodohkan,Memilih,Memberikan definisi,Menyatakan |
2.PEMAHAMAN | Menterjemahkan Menafsirkan Memperrkirakan Menentukan Memahami Misalnya: Konsep, Kaidah, Prinsip Kaitan antara Fakta Isi pokok Mengartikan/Menginterprestasikan Misalnya: Tabel Grafik Bagan | Menjelaskan Menguraikan Merumuskan Merangkumkan Mengubah Memberi contah tentang Menyadur Meramalkan Menyimpulkan Memperkirakan Menerangkan Menggantikan Menarik kesimpulan Meringkas Mengembangkan Membuktikan |
3. PENERAPAN | Mencegah masalah Membuat bagan dan grafik Mengunakan.......................... Misalnya : Metode/Prosedur Konsep Kaidah Prinsip | Mendemonstrasikan Menghitung Menghubungkan Memperhitungkan Membuktikan Menghasilkan Menunjukan Melengkapi Menyediakan Menyesuaikan/Menemukan |
4. ANALISA | Mengenali kesalahan Membedakan Misalnya: Fakta dan interprestasi Data dari kesimpulan Menganalisa Misalnya: Struktur dasar Bagan-bagan Hubungan antara | Memisahkan Menerima Menghubungkan Mamilih Membandingkan Mempertentangkan Membagi Membuat diagram/skema Menunjukan hubungan antara Membagi |
5. SINTESA | Menghasilkan Misalnya: Klasifikasi Karangan Karangan teoritis Menyusun.................... Misalnya: Rencana Skema Program kerja | Mengkatagorikan,Mengkombinasikan Mengarang Menciptakan, Mendesain Mengatur, Menyususn kembali Merangkaikan, Menghubungkan, Menyimpulkan, Merencanakan Membuat pola |
6. Evaluasi | Menilai berdasarkan norma Internal Misalnya: Hasil karya seni, Mutu karangan, Mutu pekerjaan, Mutu ceramah, Program penataran Mempertimbangkan............. Misalnya: Baik buruknya Pro-kontranya Untung-ruginya | Memperbandingkan, Menyimpulkan Mengkritik, Mengevaluasi Memberikan argumentasi Menafsirkan Membahas, Menyimpulkan Memilih antara Menguraikan Membedakan Melukiskan Mendukung Menyokong Menolak |
B. RANAH EFEKTIF | ||
1. PENERIMAAN | Menunjukan Misalnya: Kesadaran Kemauan Perhatian Mengakui...................... Misalnya: Kepentingan Perbedaan | Menanyakan Memilih Mengikuti Menjawab Melanjutkan Memberi Menyatakan Menempelkan |
2. PARTISIPASI | Mematuhi................... Misalnya: Peraturan Tuntutan Perintah Ikut serta secara aktif............ Misalnya: Dilaboratorium Dalam diskusi Dalam kelompok Belajar Dalam kelompik tentir | Melaksanakan Membantu Menawarkan diri Menyambut Menolong Mendatangi Melaporkan/Menyumbangkan Menyesuaikan diri Berlatih Membawakan Menyelesaikan Menyatakan persetujuan Mempraktikan |
3. PENILAIAN PENENTUAN SIKAP | Menerima suatu nilai Menyukai Menyepakati Menghargai..................... Misalnya: Karya seni Sumbanga ilmu Pendapat Bersikap (positif atau Negatif) Mengakui | Menunjukan, Melaksanakan Menyatakan pendapat Mengikuti, Mengambil prakarsa Memilih, Ikut serta Menggabungkan diri, Mengandung Meengusulkan, Membela Menuntun Membenarkan Menolak Mengajak |
4. ORGANISASI | Membentuk sistim nilai Menangkap relasi atau nilai Bertanggung jawab Mengistegrir nilai | Merumuskan, Berpegang pada Mengintekrasikan, Menghubungkan Mengaitkan, Menyusun, Mengubah, Melengkapi, Menyempurnakan, Menyesuaikan, Menyamakan, Mengatur, Memperbandingkan, Mempertahankan, Memodifikasikan |
5.PEMBENTUKAN POLA | Menunjukan ...................... Misalnya: Kepercayaan diri Disiplin pribadi Kesadaran Mempertimbangkan Melibatkan diri | Bertindak Menyatakan Memperlihatkan Mempraktekkan Melayani Mengundurkan diri Membuktikan Menunjukan Bertahan Mempertimbangkan Mempersoalkan |
C. RANAH PSIKOMOTOR | ||
1. PERSEPSI | Menafsirkan rangsangan Peka terhadap rangsangan Mendiskriminasikan | Memilih Membedakan Mempersiapkan Menyisihkan Menunjukan Mengidentifikasikan Menghubungkan |
2. KESIAPAN | Berkonsentrasi Menyiapkan diri (fisik & mental) | Memulai Mengawali Bereaksi Mempersiapkan Memprakarsai Menanggapi Mempertunjukan |
3. GERAKAN TERBIMBING | Meniru contoh | Mempraktikkan Memainkan Mengikuti Mengerjakan Membuat Mencoba Memperlihatkan Memasang Membongkar |
4. GERAKAN TERBIASA | Berketerampilan Berpegang pada pola | Mengoperasikan Membangun Memasang Membongkar Memperbaiki Melaksanakan Mengerjakan Menyusun Menggunakan Mengatur Mendemonstrasikan Memainkan Menangani |
5. GERAKAN KOMPLEKS | Berketerampilan secara............. Misalnya: lancar, luwes, supel, Gesit, lincah | Mengoperasikan Membangun Memasang Membongkar Memperbaiki Melaksanakan Mengerjakan Menyususn Menggunakan Mengatur Mendemonstrasikan Memainkan Menangani |
6. PENYESUAIAN POLA GERAKAN | Menyesuaikan diri Bervariasi | Mengubah Mengadaptasikan Mengatur kembali Membuat variasi |
7. KREATIVITAS | Menciptakan yang baru Berinisiatif | Merancang Menyusun Menciptakan Mendesain Mengkombinasikan Mengatur Merencanakan |
Komentar
Posting Komentar