Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2011

PENDIDIKAN BERBASISI KARAKTER BANGSA

(Soemarno, Widyaiswara LPMP Maluku) A.     Sejarah Sejarawan Ceko, Milan Hubl, pernah mengatakan, langkah pertama  menaklukkan sebuah bangsa adalah dengan memusnahkan ingatannya.  Hancurkan buku-buku, kebudayaan, dan sejarahnya. Lalu, perintahkan  seseorang untuk menulis buku-buku baru, membangun kebudayaan baru, dan menyusun sejarah baru. Tak akan lama, bangsa itu mulai lupa pada masa kini dan masa lampaunya. Memang, buku tidak hanya menjadi kekuatan yang mampu mengubah sebuah bangsa lebih baik, namun buku juga bisa membuat suatu bangsa lupa ingatannya-seperti yang dikatakan Hubl, lupa akan sejarah bangsanya, tidak ingat akan budayanya serta kehilangan karakter dan identitas bangsanya.   Tahun 1868. ”Restorasi Meiji” adalah titik balik dalam sejarah agung bangsa Jepang setelah menghadapi problema dalam berbagai bidang kehidupan. Sejak saat itulah, kesadaran mulai dirasakan, adanya kekuatan-kekuatan besar di luar mereka yang kemudian menggerakka

Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)

RANAH-RANAH DAN KATA-KATA KERJA OPERASIONAL YANG DIGUNAKAN DALAM MENYUSUN STANDAR KOMPETENSI(SK) , KOMPETENSI DASAR(KD) SERTA INDIKATOR

SOEMARNO SAPSUHA WIDYAISWARA  LPMP MALUKU KATAGORI  JENIS PERILAKU KEMAMPUAN INTERNAL (SK,KD) KATA-KATA KERJA OPERASIONAL (INDIKATOT) A. RANAH KOGNITIF 1. PENGETAHUAN Mengetahui............. Misalnya: Istilah, Fakta,Aturan,Metode Mengidentifikasi, Menyebutkan,Menunjukan,Memberi nama pada,Menyusun daftar,Menggarisbawahi,Menjodohkan,Memilih,Memberikan definisi,Menyatakan 2.PEMAHAMAN Menterjemahkan Menafsirkan Memperrkirakan Menentukan Memahami Misalnya: Konsep, Kaidah,                 Prinsip                 Kaitan antara                 Fakta                Isi pokok Mengartikan/Menginterprestasikan Misalnya: Tabel                  Grafik                  Bagan Menjelaskan Menguraikan Merumuskan Merangkumkan Mengubah Memberi contah tentang Menyadur Meramalkan Menyimpulkan Memperkirakan Menerangkan Menggantikan Menarik kesimpulan Meringkas Mengembangkan Membuktikan 3. PENERAPAN M